Loading Now

Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XI

By Admin Uncategorized
Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Deskripsi Pembelajaran

Kelas ini dirancang untuk membangun pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama Islam yang relevan dengan tantangan zaman modern. Dengan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan teknologi, diskusi interaktif, dan pembelajaran berbasis projek, siswa akan diarahkan untuk menjadi generasi yang berpikir kritis, berakhlak mulia, serta berkontribusi positif dalam masyarakat.

Rincian Materi Pembelajaran

  1. BAB 1: Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK
    Dalam bab ini, siswa akan diajak mengeksplorasi hubungan antara nilai-nilai Islam dan ilmu pengetahuan. Melalui studi kasus, eksperimen kecil, dan diskusi kelompok, siswa diajak untuk mengembangkan pola pikir kritis dan semangat mencintai ilmu pengetahuan sebagai bentuk ibadah kepada Allah.

  2. BAB 2: Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain
    Bab ini menekankan pentingnya amal perbuatan sebagai wujud keimanan. Dengan simulasi kasus sehari-hari, siswa akan belajar bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan nyata, seperti menyusun komitmen, berbagi rasa syukur, serta menjaga hubungan sosial yang harmonis.

  3. BAB 3: Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba
    Siswa akan diajak memahami dampak negatif dari perkelahian, minuman keras, dan narkoba melalui video dokumenter dan diskusi kritis. Bab ini juga dilengkapi dengan program pembentukan karakter untuk menguatkan ketahanan moral siswa dalam menghadapi pengaruh buruk lingkungan.

  4. BAB 4: Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig
    Dalam bab ini, siswa akan belajar seni komunikasi dakwah melalui praktik langsung membuat khutbah atau tablig dengan bahasa yang santun dan damai. Proyek akhir berupa presentasi dakwah kreatif melalui media sosial sebagai upaya menyebarkan nilai-nilai Islam secara positif di era digital.

  5. BAB 5: Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia
    Siswa akan diajak mengenal kisah inspiratif ulama-ulama besar Indonesia yang mendunia. Melalui metode storytelling, siswa akan mempelajari nilai-nilai perjuangan dan dedikasi para ulama dalam menyebarkan Islam. Proyek akhir berupa refleksi tertulis atau karya seni yang mengilustrasikan teladan tersebut.

Fitur Inovatif dalam Kelas

  • Pembelajaran Interaktif: Menggunakan aplikasi pembelajaran digital untuk kuis dan diskusi daring.
  • Proyek Kolaboratif: Siswa akan bekerja dalam tim untuk menyelesaikan tantangan nyata berbasis nilai agama.
  • Media Kreatif: Membuat video, infografis, atau podcast bertema Islami.
  • Peningkatan Soft Skills: Latihan public speaking, kepemimpinan, dan etika komunikasi.
  • Integrasi Teknologi: Menggunakan aplikasi seperti Canva, Kahoot, dan YouTube untuk memperkaya proses pembelajaran.
Show More

Course Content

Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK
Dalam bab ini, siswa akan diajak mengeksplorasi hubungan antara nilai-nilai Islam dan ilmu pengetahuan. Melalui studi kasus, eksperimen kecil, dan diskusi kelompok, siswa diajak untuk mengembangkan pola pikir kritis dan semangat mencintai ilmu pengetahuan sebagai bentuk ibadah kepada Allah.

Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain
Bab ini menekankan pentingnya amal perbuatan sebagai wujud keimanan. Dengan simulasi kasus sehari-hari, siswa akan belajar bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan nyata, seperti menyusun komitmen, berbagi rasa syukur, serta menjaga hubungan sosial yang harmonis.

Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba
Siswa akan diajak memahami dampak negatif dari perkelahian, minuman keras, dan narkoba melalui video dokumenter dan diskusi kritis. Bab ini juga dilengkapi dengan program pembentukan karakter untuk menguatkan ketahanan moral siswa dalam menghadapi pengaruh buruk lingkungan.

Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig
Dalam bab ini, siswa akan belajar seni komunikasi dakwah melalui praktik langsung membuat khutbah atau tablig dengan bahasa yang santun dan damai. Proyek akhir berupa presentasi dakwah kreatif melalui media sosial sebagai upaya menyebarkan nilai-nilai Islam secara positif di era digital.

Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia
Siswa akan diajak mengenal kisah inspiratif ulama-ulama besar Indonesia yang mendunia. Melalui metode storytelling, siswa akan mempelajari nilai-nilai perjuangan dan dedikasi para ulama dalam menyebarkan Islam. Proyek akhir berupa refleksi tertulis atau karya seni yang mengilustrasikan teladan tersebut.

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet

Want to receive push notifications for all major on-site activities?